Wednesday, October 14, 2020

Apa itu Litbang ?

Iya ya, apa sih sebenernya Litbang itu ?

Dari penjelasan yang diberikan oleh "atasan" Litbang di sini adalah singkatan dari Penelitian dan Pengembangan. Tugas utamanya adalah mengadakan penelitian tentang segala hal yang dapat diteliti atau ditugaskan. Hasil temuan nya akan diberikan sebagai dasar pengembangan program kegiatan untuk waktu ke depan.



Apa yang bisa diteliti ?

Ya Banyak... Isu-isu yang terjadi disekitar kita, harapan-harapan/kekhawatiran, monitoring dan evaluasi atau juga menguji "teori" / "konsep" atau hipotesis lainnya.

Untuk menelitinya, pertama tentu ditentukan dulu tujuan penelitiannya, lalu yang penting perlu dilakukan adalah "Pengumpulan Data".

Data yang dikumpulkan tentunya harus sesuai dengan keperluan pengujian. Kadang nggak perlu lho kita mengumpulkan data, kalau datanya sudah tersedia di database. Kalau ternyata datanya nggak ada, ya perlu dikumpulkan, bisa crawling, bisa melalui survey, bisa FGD (Focus Group Discussion).

Dari Data yang ada, kita terapkan lah metode statistik ke dalamnya untuk akhirnya didapat temuan-temuan yang ada pada data kita tersebut. 

Nah Langkah kita yang banyak tadi ternyata baru sampai "penelitian".

Terus pengembangan nya gimana ?

Untuk Pengembangan nya butuh wewenang tambahan untuk membuat sesuatu / mengubah hal-hal atau kebijakkan yang diperlukan, berkaitan dengan temuan hasil penelitian.

Kalau kebijakkan / hal2 sudah diubah, perlu juga dievaluasi lagi, apakah memang sudah sesuai dengan tujuan semula ? 👀

1 comment:

  1. Playtech - Dr.MD
    Dr.MD. is the largest 천안 출장샵 independent 군포 출장안마 medical provider 김제 출장안마 of medical professionals in 김포 출장샵 the world. Our mission is to provide quality care and ‎Company Information · ‎Contact Us · ‎Company Connections 진주 출장샵

    ReplyDelete

Apa itu Litbang ?

Iya ya, apa sih sebenernya Litbang itu ? Dari penjelasan yang diberikan oleh "atasan" Litbang di sini adalah singkatan dari Pene l...